Sunday, December 21, 2008

Backpackers ke Bali

Bali tuh kan mahal..semua nya pakai hitungan $$$ (dolaaar bok..) mana dolar lagi naik naiik nya lagi..
Bali??baguuus sech...tapi kan mahaal..ntar aza dech..gw nyimpan duiiit dulu...

Sapa bilang ke Bali harus pakai mahal?? Backpack dunk... Haah..Backpack??ke Bali?? emank bisa??
ya bisa la.. aq baru aza pulang dari Bali.. yah memang sech kami tidak maksimal jalan jalan nya..berhubung karena kecelakaan di sono... tapi aq punya banyak info yang mudah mudahan bisa sangat berguna bagi anda anda yang ingin backpack ke pulau dewata itu..

oke..mari kita mulai.. :
1. Tiket Pesawat
kalau mengenai tiket pesawat..nah anda harus incar tiket promo dari airlines2 yang ada..biasanya neh airasia yang sering promo.. atau kalau dari Jawa...mungkin anda bisa ambil solusi dengan naik bus...

2.Hotel / Penginapan
naaah..penginapan adalah salah satu yang memegang peranan penting dalam biaya..
kalau untuk penginapan..tidak usah kuatiir... anda tinggal ke daerah kuta atau legian.. lalu anda cari jalan jalan kecil yang namanya "Poppies Lane" .. nah jalan Poppies Lane itu adalah jalan penghubung dari Legian ke Kuta.. ada Poppies Lane I , Poppies Lane II..
anda tinggal masuk dan menyusuri jalan itu sambil memperhatikan penginapan penginapan yang ada.. asal ada kata "Inn-Hotel-Losmen atau apapun yang ada kata penginapan nya" anda masuk aza dan tanya harga penginapan itu..
untuk standard harga.. di daerah Poppies anda bisa dapat hotel dengan harga mulai dari Rp.60.000/malam ...woooow...murah kan... (ya iya..tapi ya klo harga segini biasanya ndak ada ac ~ so pake fan doank ), kalau yang ac..pastinya uda di atas Rp.100.000,-

Tips untuk dapat potongan harga dari hotel :
  • jangan ragu untuk menawar.. kalau harganya Rp.150.000 / malam...
coba aza tawar Rp.100.000/malam.. biasanya seh nga dapat segitu..tapi ya mungkin aza kita bisa dapat Rp.120.000/malam.. lumayan kan...

  • Breakfast / sarapan pagi
biasanya hotel tempat kita menginap ada menyediakan sarapan..seperti roti dan kopi atau susu.. kalau kita nga mau..kita suru wave aza..and bilang..ndak usa pake breakfast deh mas..tapi kasi murah aza harga hotel nya ya..
  • Memelas.. hihihi..
nih..klo dia ndak kasi potongan harga.. tunjukkan muka memelas mu..
duuuh mas...kasiiian dunk ama kami.. duit pas pas an kesini..ntar harga hotel nya mahal..jadi ndak bisa makan dech kita..huehehe.. (jago jago dech ngomong ama petugas hotel nya..)
  • tidak pindah pindah hotel
kalo kita langsung book untuk beberapa malam..semakin lama kita book kamarnya..kita bisa dapat potongan harga semakin banyak lo...

Nah ini salah satu penginapan murah yang saya dapat kan sewaktu ke Bali

Kuta Inn
Jalan.Poppies II, Gang Mangga No.3 , Kuta 80361, Bali
Telp : +62 361 751694
Web : www.thekutainn.com

harganya seh waktu tuch.. Rp.150.000 / malam.. trus gw tawar and wave breakfast nya.. (cuma kamar doank..tanpa breakfast) , akhir nya gw dapat Rp.110.000 / malam.. kamarnya lumayan lo..ada air panas.. bath tub, ac (ac nya mayan dingiin) .. trus ada swimming pool nya lagi..
tapi yah kebersihan hotel nya tidak seperti hotel berbintang .. tapi ya masih termasuk kategori bersih la... (meski ada beberapa tempat yang berdebu )

tapi still OK untuk backpack... hemat banyaak lo

3.Transportasi
untuk transportasi..pastinya kita harus nyewa.. berhubung jarang sekali di temukan transportasi umum di sana...
jadi ada beberapa pilihan transportasi bagi kita.. sewa motor, sewa mobil atau naik taxi..

nah..bagi para backpackers.. kalau anda berpergian 1 atau 2 orang saja.. mungkin ada baiknya anda sewa motor saja.. banyak jenis motor yang bisa di sewa dari yang manual sampai yang matic.. (tapi biasanya di Bali pakai motor matic) dengan harga Rp.25.000/hari (uda rada susah dapat harga seginii) s/d Rp.35.000/hari (ingaat..harus tawar ya..biasanya mereka buka harga Rp.75.000/hari
kalau untuk mobil, paling murah tuch jenis Katana gitu.. lebih bagus lagi kalau kita tidak pakai supir.. harganya juga mulai dari Rp.150.000/hari

4. Makan
untuk makan..jangan pilih cafe cafe gitu dunk.. mahaaal bok..satu nasgor yang biasa biasa aza bisa ampe 20an rebo.. sakiiit ati makan nya..
anda bisa cari di daerah legian..ntar ada tulisan "parkir legian" didaerah sono banyak yang jual makan..ala warung kaki lima gitu..tapi murah meriiah koq..enak lagi..
tapi ya untuk makan..boleh di manja sedikiit la..sisihkan uang anda untuk wisata kuliner...maknyuuus abiiis...

5.Watersport
ke Bali..tapi tidak main watersport??sayaaang dunk..alasan nya?? mahaal? yah itu kalau anda tidak pintar cari hargaaa..
untuk watersport..bagusan cari online saja..biasanya mereka sudah menyediakan paket paket watersport yang kompetitif harganya..anda tinggal membandingkan harga dan memastikan pelayanan mereka saja...atau kalau anda berani..datangi saja travel agent di sono..(daerah legian banyak...yang di depan toko2..) dan tanya berapa watersport nya.. pintar pintar ngomooong nya.. setelah itu, langsung aza pilih bebrapa item yang anda mau dan nego lagi..
kalau kemarin sih aq bisa dapat permainan watersport : banana boat + fly fish + diving + jetski = seharga Rp.500.000,- saja..muraaaah kan.. hehehe.. tuh mah nego mati matiian...
terus untuk arung jeram..gw dapat nya.. seharga Rp.220.000 untuk arung jeram di telaga waja..and service nya baguuus koq..

so tidak ada alasan lagi kan nga bisa ke Bali karena mahaal.. :) ayo dunk..ini salah satu tempat wisata yang paling terkenal seindonesia.. jangan sampai ketinggalan..
so selamat ber back pack ria ke Bali..

1 comment:

fathvr said...

Info yg sangat menarik.
Saya & istri berencana utk backpacking ke bali. Oh ya. Saya mo tanya:
1. Rncananya saya mo naik bis dr surabaya ke banyuwangi. Kalo dr terminal banyuwangi ada gak bis yg ke Kuta? Kira2 tarifnya brapa?
2. Trus utk sewa spedamotor/matic, kita ninggalin jaminan apa? ktp?
Cari sewa spedamotor dmana? Di skitar legian/kuta ada?
3. Dari Kuta ke tmpat wisata lainnya jauh gak?
Di jalan2 di bali ada petunjuknya?
Kayaknya kita butuh peta bali. Soalnya kan gak tau jalan.

Terima kasih sblumnya.